Terpopuler

[getBreaking results="5" label="recent"]

Cara Mengatasi Nyeri Saat Haid Secara Alami

Pada kesempatan ini, Blackexpo.or.id akan mengulas tentang , dengan judul artikel Cara Mengatasi Nyeri Saat Haid Secara Alami.

Artikel Terkait Kesehatan Reproduksi
Jangan lupa membaca artikel sebelumnya di > Portal Informasi Indonesia.

Cara Mengatasi Nyeri Saat Haid Secara Alami – Haid atau mensturasi merupakan hal yang lumrah dan biasa bagi setiap wanita. Haid ini datang ketika wanita memasuki usia remaja atau balig. Maka jangan heran jika wanita semuanya mengalami mensturasi, jika tidak mengalami mensturasi ini merupakan hal yang harus anda takuti karena bisa jadi hal ini akan mengakibatkan kemandulan bahkan tidak bisa memiliki keturunan. Jika sudah mulai menginjak usia remaja tidak mengalami haid sebaiknya segera melakukan pemeriksaan kedokter agar bisa dipastikan alasan kenapa anda tidak haid. Nah, bagi setiap wanita yang haid terkadang suka menimbulkan rasa nyeri, rasa nyeri ini hal yang normal didapat oleh wanita yang mensturasi. Tetapi rasa nyeri ini ternyata bisa dihilangkan. Caranya ini yang akan saya bahas sekarang diartikel ini yaitu cara mengatasi nyeri saat haid secara alami yang bisa anda gunakan dengan cara yang mudah. Namun sebelum kecaranya, alangkah baiknya kita ketahui dulu definisi dari haid atau mensturasi dan penyebab yang dapat menimbulkan nyeri saat haid.

Cara Mengatasi Nyeri Saat Haid
cara mengatasi nyeri saat haid atau mensturasi

Definisi Haid

Haid atau mensturasi adalah Pengeluaran secara periodik darah dan sel – sel darah tubuh yang keluar melalui vagina yang berasal dari dinding rahim ( endometrium ) secara berulang setiap bulan. Nah, menstruasi atau haid yang dialami wanita adalah hal normal, tidak normal jika wanita tidak mengalami menstruasi atau haid. Itulah sekilas tentang definisi haid, sekarang mari kita ketahui penyebabnya.

Penyebab Nyeri Saat Haid atau Mensturasi

Nyeri saat haid ini disebabkan karena sirkulasi darah kotor yang mengalir mengalami gangguan atau tidak lancar. Namun, pada dasarnya nyeri haid ini hal yang lumrah dan biasa dialami setiap wanita saat haid. Selain hal tersebut., nyeri haid ini terbagi kedalam dua jenis yaitu:

1.    Nyeri Haid Primer

Nyeri haid primer ini dapat terjadi pada saat 2-3 tahun setelah haid pertama dan akan mencapai puncaknya setelah 15-20 tahun. Namun, perlu anda ketahui bahwa haid primer ini tidak ada hubungannya dengan kelainan fatologis yang berasal dari panggul dan organ di dalamnya. Itulah yang dinamakan nyeri haid primer. Sedangkan,

2.    Nyeri Haid Sekunder

Kalau nyeri haid sekunder biasanya terjadi atau sering muncul pada wanita yeang berusia lebih dari 20 tahun. Nyeri haid sekunder ini bisa diindikasikan memiliki hubungan dengan kelainan yang berasal pada bagian panggul dan organ didalamnya. Nyeri haid ini biasanya terjadi dua hari atau lebih sebelum haid dan nyerinya ini akan meningkat ketika haid terjadi. Tetapi nyeri haid ini juga akan hilang setelah dua hari atau lebih setelah masa haid atau mensturasinya selesai. Itulah yang dimakan dengan nyeri haid sekunder.
Setelah diatas kita ketahui penyebab dan jenis nyeri saat hait, sekarang saatnya kita ketahui cara mengatasi nyeri saat haid atau mensturasi secara alami dan bisa dengan cara yang mudah anda lakukan.

Cara Mengatasi Nyeri Saat Haid Secara Alami

Inilah ada beberapa tips cara menghilangkan rasa nyeri disaat haid yaitu sebagai berikut:

1.    Dengan Kunyit dan Asam Jawa
Semua orang pasti mengetahui tentang kunyit ini. Nah, kunyit ini ternyta dapat dijadikan bahan alami untuk mengatasi nyeri saat haid. Selain itu juga, dapat menjadikan tubuh kita segar dan sehat. Caranya: sediakan kunyit dan asam jawa secukupnya. Setelah itu, cuci kunyit hingga bersih, parut hungga halus, peras dan ambil airnya kedalam suatu wadah atau gelas, campurkan air hangat dan asam jawa secukupnya, aduk-aduk hingga merata, lalu minumlah air ramuan tersebut hangat-hangat. Lakukan cara ini secara rutin dan teratur disetiap harinya. Oh iya, anda juga bisa meminum air ramuan ini kira-kira dua hari ketika akan haid.

2.    Dengan Memakan Makanan yang Mengandung Zat Besi
Perlu anda ketahui bahwa makanan yang mengandun zat besi ini dapat dijadika solusi untuk mengatasi nyeri saat haid atau mensturasi. Karena jika Wanita memiliki tekanan darah rendah atau anemia akan lebih rentan mengalami nyeri saat haid. Jadi, solusi untuk mengantisipsinya yaitu dengan mengkonsumsi makanan yang mengandung zat besi. Caranya: anda konsumsi makanan yang mengandung zat besi disetiap harinya. Adabun makan zat besi ini seperti bayam, kacang-kacangan, ubi rambat dan sebagainya. Nah, saya sarankan untuk memperbanyak makan ubi rambat. Mengapa? Karena ubi ini memiliki kandungan zat besi yang sangat tinggi.

3.    Dengan Meminum Minuman yang Hangat
Nyeri saat haid ini ternyata dapat diatasi dengan meminum minuman yang hangat-hangat. Setidaknya dengan meminum minuman yang hangat dapat menjadikan perut lebih rileks dan tidak sakit. Caranya: anda minum minuman yang hangat saja disetiap anda nyeri saat haid. Minum minuman hangat ini seperti air putih hangat, teh hangat, dan anda juga dapat membuat sup yang bisa dikonsumsi airnya hangat-hangat. Selamat mencobanya.

4.    Dengan Olahraga Ringan
Dengan berolahraga ringan, ternyata dapat juga mengatasi nyeri saat haid. Karena nyeri saat haid ini disebabkan oleh sirkulasi darah kotor yang mengalir mengalami gangguan atau tidak lancar. Sehingga dengan berolah raga ringan sirkulasi darah yang kotor tersebut dapat mengalir kembali dengan lancar. Caranya: anda lakukan saja olahraga ringan disetiap harinya. Selain itu juga, olahraga ringan ini dapat juga menyehatkan tubuh.

5.    Dengan Mengompres Perut
Ketika anda mengalami nyeri saat haid, coba gunakan juga cara ini yaitu mengompres perut. Karena mengompres perut ini dapat juga diandalkan dan dijadikan solusi untuk mengurangi rasa nyeri saat haid. Caranya: sediakan handuk dan air hangat. Setelah itu, basahi handuk dengan air hangat tersebut, peras lalu tempelkan dibagian perut bawah anda. Itulah cara mengompresnya.

6.    Dengan Tidur-tiduran
Hal ini cukup mudah dan mudah-mudahan juga dapat dijadikan solusi untuk mengatasi nyeri haid anda. Caranya: ketika anda nyeri saat haid beristirahatlah dengan tiduran atau berbaring senyaman mungkin dengan menarik nafas secara perlahan dan keluarkan secara perlahan juga. Begitulah cara mengatasi rasa nyeri saat hadi dengan tidur-tiduran. Selamat mencobanya.

!!!
Itulah beberapa tips cara mengatasi nyeri saat haid atau mensturasi secara alami, yang bisa digunakan dengan cara yang mudah. Semoga tips cara dari artikel ini dapat bermanfaat, terutama bagi para wanita yang mengalami nyeri saat haid.
Sumber : http://blogging.co.id/cara-mengatasi-nyeri-haid
!!
Pesanya: Jika sakitnya terus berlanjut, sebaiknya anda hubungi dokter. Karena ini demi kebaikan anda juga.

Jangan lupa juga untuk terus berkunjung ke-blog Tips Kesehatan dan Kecantikan Terlengkap. Jika memang ada tips cara yang lebih ampuh dari cara diatas ataupun ada kritik dan saranya, boleh dituliskan dikomentar. Oh iya, jangan lupa dishare juga ketemen-temen anda jika memang artikel ini sangat bermanfaat.

Sekian dan terimakasih



Selain sebagai media informasi islami, kami juga berbagi seputar bisnis di indonesia, anda bisa membacanya pada artikel terkait dibawah ini :


Penelusuran terkait Kesehatan Reproduksi

Berlangganan artikel
Daftarkan e-mail Anda dibawah ini
Selanjutnya cek e-mail untuk verifikasi.
Kategori Terpopuler

0/Posting Komentar/Komentar