Terpopuler

[getBreaking results="5" label="recent"]

Fobia Yang Perlu Kamu Tahu

Pada kesempatan ini, Blackexpo.or.id akan mengulas tentang , dengan judul artikel Fobia Yang Perlu Kamu Tahu.

Artikel Terkait Gangguan Penyakit
Jangan lupa membaca artikel sebelumnya di > Portal Informasi Indonesia.

Fobia itu apa?

  • Fobia adalah ketakutan yang berlebih-lebihan terhadap suatu hal atau fenomena, seringkali mengganggu serta menghambat kehidupan penderitanya. Adapun penyebab fobia sering kali tidak dipahami oleh orang lain kecuali pengidapnya.

Jenis- jenis fobia yang umum diderita 

(1) ACROFOBIA 
  • Acrofobia adalah ketakutan yang amat sangat pada ketinggian. Jika penderitanya berada di tempat yang tinggi dia bisa terserang panik luar biasa, seperti jika ia berada di gunung, bangunan tinggi, menara, jurang dan sebagainya.
  • Hal ini bisa berbahaya jika penderitanya berada di ketinggian karena mungkin saja bisa panik, keringat dingin, jatung berdegup lebih kencang disertai perasaan cemas. Memang mungkin tidak menyebakan kematian tapi bisa membatasi penderitanya untuk melakukan aktivitas atau pekerjaan di tempat rendah.

(2) AEROFOBIA
  • Aerofobia adalah ketakutan yang luar biasa yang dialami seseorang jika diajak terbang. Mereka ini menghindari naik pesawat, helikopter ataupun balon udara. Mereka ini sangat paranoid akan kemungkinan terjadinya kecelakaan udara seperti jatuh dan terbakar.
  • Ketakutan umumnya ditandai dengan otot yang menegang, keringat dingin, sakit kepala dan mual, pucat dan mulut terasa kering. Biasanya juga disertai pusing dan tak dapat berpikir rasional.

(3) AGORAFOBIA
  • Ketakutan pada ruang publik, tempat tempat umum. Penderitanya lebih suka mengurung diri di rumah, karena jika berada di tempat umum dia bisa terserang panik yang hebat. Dia merasa tak aman dan tak nyaman saat berada di tempat di mana banyak orang berkumpul.
  • Jadi jangan sekali-kali mengajak penderita agorafobia nonton pertandingan bola di stadion yang ramai atau mengajak belanja di mall yang padat pengunjung ataupun pasar malam di mana semua orang tumpah dan bergembira.

(4) AILURIFOBIA
  • Adalah ketakutan berlebihan dan sangat tidak rasional terhadap hewan dalam hal ini kucing. Jika orang lain menganggap kucing itu lucu dan peliharaan yang imut, penderita fobia ini tidak sependapat. Semua yang ada pada kucing menakutkan baginya. Bulunya ditakuti, cakarnya dan matanya yang menyala di kegelapan.
  • Penderitanya mungkin memiliki pengalaman masa lalu yang tidak mengenakkan dengan kucing, misalnya pernah dicakar. Hal itu menimbulkan trauma berkepanjangan.

(5) AMATOFOBIA
  • Amatofobia adalah gejala takut berlebihan terhadap debu. Mereka ini sangat terobsesi dengan kebersihan dan debu adalah momok yang menakutkan baginya. Debu identik dengan jorok, kotoran dan penyakit. Sedapat mungkin penderitanya akan menghindari debu yang dengan mengenakan masker, membawa lap/tisu basah, mengenakan sarung tangan atau pun membawa kuas kecil untuk membersihkan sekitarnya.

(6) ASTRAFOBIA
  • Astrafobia adalah ketakutan yang sangat tidak rasional terhadap kilat. Mereka ini sangat terobsesi dengan cuaca sehingga sebelum keluar pasti memeriksa ramalan cuaca terlebih dahulu. Penderitanya sangat takut terkena kilatan petir yang bisa menyebabkan kematian. 
  • Jika dibiarkan penderita astrafobia lama kelamaan bisa menjadi agorafobia, takut pada tempat umum, karena lebih sering mencari aman di rumah.


(7) ARACHNOFOBIA
  • Arachnofobia adalah ketakutan yang berlebihan pada laba-laba. Berlaku untuk semua spesies laba-laba, bukan hanya yang berbahaya saja. Biasanya pengidap fobia ini panik jika melihat mahluk kecil berkaki delapan berjalan ke arahnya, imajinasinya langsung liar dan membuatnya takut secara berlebihan.
  • Penderita fobia ini biasanya punya pengalaman buruk terkait dengan laba-laba, sehingga jika berada di suatu tempat yang baru dia harus memastikan dulu tempat itu bebas lab-laba.

(8) CLAUSTROFOBIA.
  • Claustrofobia adalah ketakutan berlebihan pada ruang sempit atau ruang tertutup dan gelap. Penderita penyakit ini akan mengalami serangan panik berlebihan bahkan sampai megap-megap tak bisa bernafas jika berada di ruang tertutup, sempit dan gelap.

(9) EMETOFOBIA.
  • Takut sama muntahan. Pendertanya menganggap muntah adalah peristiwa yang memalukan dan membuat tidak nyaman, belum lag baunya yang tidak sedap itu membuatnya menahan diri untuk tidak muntah atau melihat muntahan.

(10) HEMATOFOBIA.
  • Hematofobia adalah ketakutan tidak mendasar saat melihat darah. Penderita fobia ini biasanya merasa lemas dan tak sanggup melihat darah, sehingga lebih memilih lari menghindarinya. Bahkan darahnya sendiri pun bisa bikin panik dan tak sanggup diatasinya.

(11) MIKROFOBIA
  • Mikrofobia adalah ketakutan pada hal-hal kecil termasuk pada mikroba, bakteri atau virus yang tak terlihat. Penderitanya sangat terobsesi dengan kebersihan karena menganggap tak ada tempat yang bebas kuman.

(12) MYSOFOBIA.
  • Fobia ini adalah ketakutan terhadap kotoran atau hal-hal yang kotor. Mereka ini adalah pembersih yang maniak dan sangat takut tertular atau terkontaminasi hal-hal yang tak bersih.

(13) NYCTOFOBIA.
  • Nyctofobia adalah rasa takut yang berlebih-lebihan pada kondisi gelap. Penderitanya bisa terserang panik yang luar biasa dan mengalami sesak nafas jika berada dalam kondisi gelap secara tiba-tiba.

(14) ORNITHOFOBIA.
  • Fobia yang menurut kita aneh karena takutnya pada hewan yang sama sekali tak berbahaya, yaitu takut pada burung. Setiap kali melihat burung penderitanya pasti kabur duluan, meskipun yang dilihatnya hanya seekor burung kecil yang imut.

(15) XENOFOBIA.
  • Xenofobia adalah ketakutan yang luar biasa terhadap orang asing, orang yang  tak dikenal atau orang-orang yang berasal dari negara lain. Mereka ini akan terserang panik dan kecemasan saat berhadapan dengan orang asing.
Itulah 15 fobia yang umum diderita oleh manusia. Apakah fobia bisa disembuhkan? Tentu saja, jika yang bersangkutan mengikuti terapi dan punya keinginan kuat untuk menyembuhkan rasa takutnya. Biasanya terapis akan mengkonfrontir penderita untuk melawan rasa takutnya dengan menghadapi objek yang ditakutinya secara langsung. (baca juga : apa sebenarnya yang paling ditakuti orang?)

Semoga bermanfaat..


Selain sebagai media informasi islami, kami juga berbagi seputar bisnis di indonesia, anda bisa membacanya pada artikel terkait dibawah ini :


Penelusuran terkait Gangguan Penyakit

Berlangganan artikel
Daftarkan e-mail Anda dibawah ini
Selanjutnya cek e-mail untuk verifikasi.
Kategori Terpopuler

0/Posting Komentar/Komentar