Terpopuler

[getBreaking results="5" label="recent"]

Makanan dan Minuman Penyebab Jantung Koroner

Pada kesempatan ini, Blackexpo.or.id akan mengulas tentang , dengan judul artikel Makanan dan Minuman Penyebab Jantung Koroner.

Artikel Terkait Kesehatan Jantung
Jangan lupa membaca artikel sebelumnya di > Portal Informasi Indonesia.

Makanan dan Minuman Penyebab Jantung Koroner - Sebenarnya bukanlah makanan atau minuman khusus yang secara tiba-tiba membuat jantung berdenyut sakit. Makanan dan minuman ini juga bukan sejenis makanan atau minuman sampah yang benar-benar membahayakan kesehatan tubuh. Akan tetapi jika dikonsumsi dalam batas yang tidak wajar atau bahkan berlebihan maka akan sangat rentan pada akibat seseorang terkena penyakit jantung koroner. Oleh sebab itu yang terpenting adalah memperhatikan makanan dan minuman berikut ini untuk dikonsumsi dalam batas yang wajar-wajar saja, tidak berlebihan dan juga tidak serampangan.

Makanan dan Minuman Penyebab Jantung Koroner
 

Makanan dan Minuman Penyebab Jantung Koroner

Inilah makanan dan minuman yang harus Anda perhatikan karena jenis makanan dan minuma ini dapat menjadi penyebab terkenanya penyakit jantung koroner yaitu sebagai berikut:
1.    Makanan Berlemak
Makanan berlemak memang tidak menyehatkan bagi tubuh, lebih-lebih jika dikonsumsi dalam batas yang tidak wajar. Makanan berlemak yang dikonsumsi tersebut mempunyai potensi besar menimbulkan fatty streak,  yakni sebuah kondisi dimana lemak-lemak tersebut akan terkumpul dalam tubuh dan masuk ke pembuluh darah. Semakin banyak lemak yang terkumpul, menempel dan lengket pada dinding-dinding pembuluh darah, maka besar kemunkinan darah akan mengalir dengan tersendat, tidak lancer bahkan tersumbat. Hal ini merangsang jantung melakukan pemompaan yang kuat dengan tensi tinggi.
Banyak sekali pembahasan telah detail merinci dampak buruk dari makanan berlemak. Selain resiko penyakit jantung koroner, lemak juga dapat menjadikan seseroang mengalami kegemukan. Kegemukan pada seseorang akan berdampak juga pada berbagai penyakit. Lebih-lebih jika lemak telah menempel pada usus dan mengganggu kinerja pencernaan. Maka dipastikan nutrisi yang dimakan dan siap diedarkan ke seluruh tubuh akan terganggu karena tertutup oleh lemak. Hal ini menjadikan metabolism tubuh terganggu, proses regenerasi sel lambat, dan hasilnya adalah serbuan berbagai jenis penyakit.
Akan tetap harus diingat, bahwa lemak bukanlah makanan jahat. Sebagaimana disampaikan sebelumnya, jika dikonsumsi dalam batas yang wajar sesuai dengan kapasitas kebutuhan tubuh kita, maka manfaat lemak juga sangat besar. Lemak bermanfaat sebagai pengangkut vitamin A, D, E dan K menyebar ke seluruh tubuh. Lemak juga membantu pada proses pembentukan hormon, menjadi energy cadangan dan juga sumber energy, memperbaiki flavor dan tekstur makanan.  Karena itu yang terpenting bagi kita adalah tidak mengkonsumsinya secara berlebihan dan serampangan. Periksa dan hatil-hatilah mengkonsumsi lemak, disarankan lebih banyak menggunakan lemak nabati untuk keamanan kesehatan kita.

2.    Segala Makanan dan Minuman Penyebab Diabetes
Menjaga jantung sehat adalah dengan menjaga tubuh kita aman dari resiko penyakit diabetes. Sebab antara jantung koroner dan diabetes mempunyai kedekatan, dimana seseorang yang menderita diabetes akan sangat mudah terkena serangan jantung koroner. Selain penyakit diabetes, persoalan kesehatan yang juga sangat dekat atau berpotensi menderita penyakit jantung adalah penderita penyakit ginjal akut.
Meskipun makanan penyebab diabetes bukanlah makanan atau minuman yang benar-benar tidak sehat. Kita semua tahu bahwa gula sebagai pemilik rasa manis adalah penyebab utama penyakit diabetes militus. Pada saat yang sama kita juga memahami bahwa rasa manis adalah penyedap segala makanan dan minuman yang kita konsumsi. Gula juga bagian penting dari menjaga keseimbangan tubuh kita, dimana terdapat glukogen yang sangat dibutuhkan tubuh kita dalam menyimpan energi.
Karena itu lagi-lagi harus diingat kembali bahwa segala makanan dan minuman tersebut bukanlah makanan jahat yang harus kita hindari. Akan tetapi yang terpenting bagi kita adalah bijaksana dan lebih banyak menahan diri mengkonsumsi gula secara berlebihan.
Untuk kesehatan tubuh kita, maka minuman terbaik adalah dengan mengkonsumsi air putih segar dalam jumlah yang cukup, atau bisa jadi lebih banyak dari yang Anda pikirkan. Air putih ini sangat membantu berperan mencegah penyakit diabetes dan ginjal, dua penyakit yang sangat dekat dengan resiko penyakit jantung koroner.

3.    Minuman Beralkohol
Sudah jelas minuman beralkohol adalah minuman berbahaya, jahat dan berdampak buruk pada kesehatan. Karena itu apapun alasannya, jauh lebih baik bagi Anda pengkonsumsi minuman ini untuk berhenti dan memulai gaya hidup yang sehat. Termasuk dalam rangka menjaga kesehatan jantung kita.
Dampak utama yang paling sering kita temukan dari dampak buruk minuman beralkohol adalah terjadinya gangguan mental disertai dengan perubahan perilaku yang semakin agresif. Ditunjang lagi minuman beralkohol dengan cepat mematikan fungsi saraf kita sehingga kinerja otak menjadi terganggu. Daya ingat melemah, kecerdasan menurun drastis dalam hitungan beberapa menit saja. Ditambah lagi minuman ini secara bertahap dalam tempo yang singkat membendung darah yang menuju otak, sehingga benar-benar berpengaruh pada perkembangan otak, bahkan merusak dan menghancurkan memori yang sudah tersimpan.
Dampak dari komplikasi di atas adalah para pengkonsumsi minuman keras mempunyai perilaku yang berubah drastic, seperti bertindak kasar, juling, mata merah, tidak dapat mengendalikan tubuh, dan segala perubahan psikologis lainnya. Melemahnya segala spek tersebut membuat pengendalian diri seseorang turun drastic, hingga tidak dapat bijaksana menyikapi banyak hal. Menjadi mudah marah, dan keseluruhan organ dalam menjadi cepat rusak, termasuk pada pembuluh darah dan segala jaringan organ yang menopang keberadaan jantung tetap sehat.


!!!
Dari segala keterangan di atas, maka yang perlu diperhatikan adalah cara makan kita yang sewajarnya. Sebab pada dasarnya makanan dan minuman penyebab jantung koroner sebetulnya lebih dekat dengan bagaimana perilaku cara makan kita.

!!
Jangan lupa untuk terus berkunjung dan mengikuti update terbarunya dari blog Tips Kesehatan dan Kecantikan ini. Oh iya, jika Anda memiliki tips-tips yang lebih ampuh dari tips di atas, boleh dituliskan dikomentar. Selain itu juga, mohon dishare ketemen-temen Anda jika memang artikel ini sangatlah bermanfaat. Terimakasih.

!
Jangan lewatkan artikel terkait dan sebelumnya, yaitu sebagai berikut:
•    Cara Mendeteksi Penyakit Jantung
•    Pahami Gejala Penyakit Jantung Koroner
•    Gejala Penyakit Jantung dan Cara Mencegahannya
•    Manfaat Kulit Manggis Bagi Kesehatan
•    Cara Mengobati Penyakit Ginjal Secara Alami

Sekian dan Terimakasih



Selain sebagai media informasi islami, kami juga berbagi seputar bisnis di indonesia, anda bisa membacanya pada artikel terkait dibawah ini :


Penelusuran terkait Kesehatan Jantung

Berlangganan artikel
Daftarkan e-mail Anda dibawah ini
Selanjutnya cek e-mail untuk verifikasi.
Kategori Terpopuler

0/Posting Komentar/Komentar