Terpopuler

[getBreaking results="5" label="recent"]

Cara Menghindari Penyakit Jantung Koroner

Pada kesempatan ini, Blackexpo.or.id akan mengulas tentang , dengan judul artikel Cara Menghindari Penyakit Jantung Koroner.

Artikel Terkait Kesehatan Jantung
Jangan lupa membaca artikel sebelumnya di > Portal Informasi Indonesia.

Cara Menghindari Penyakit Jantung Koroner - Penting bagi siapapun untuk mengetahui bagaimana cara menghindari penyakit jantung koroner. Hal ini disebut penting karena lebih baik mencegah dari pada mengobati. Apalagi jika sudah terkena penyakit jantung, maka potensi komplikasi datangnya berbagai penyakit susulan sangat tinggi. Persoalan ini wajar saja terjadi karena penderita jantung sering mengalami hambatan mengalirkan nutrisi ke seluruh tubuh yang dibawa oleh darah.

Cara Menghindari Penyakit Jantung Koroner
 
Oleh sebab itu, sebelum terlambat lakukanlah kegiatan positif yang dapat menghindari resiko penyikat jantung. Hal positif tersebut terkait dengan pola makan dan kemauan untuk menggerakkan tubuh, baik dalam bentuk senam atau olahraga lainnya.

Ciri-Ciri Umum Penderita Penyakit Jantung Koroner

Penderita penyakit jantung koroner ini memiliki ciri-ciri umum. Apa saja ciri-ciri tersebut? Nah, inilah yang perlu sekali Anda ketahui dari ciri umum penderita penyakit jantung koroner yaitu sebagai berikut:
•    Rasa Nyeri pada dada kiri
•    Mengalami sesak napas
•    mengalami Irama jantung tak beraturan
•    Keluar keringat dingin
•    Rasa mual dan ingin muntah
•    Tiba-tiba merasakan Pusing kepala yang berkepanjangan
•    Mengalami keluhan di sekitar tulang dada dan leher
•    Merasa sekujur tubuhnya terbakar tanpa sebab yang jelas
Namun harus dipahami, bahwa sering penderita penyakit jantung tidak mengalami gejala yang bertahap. Ada sebuah penyakit jantung koroner yang disebut dengan angina tidak satbil. Seseorang yang menderita angina tidak stabil sering mengalami keluhan di atas dalam kesempatan yang berfariatif dan mendadak, baik dalam kondisi santai, pada saat kerja berat, bahkan pada saat tidur, seperti keluhan orang yang merasa tertindih dan merasakan sesak nafas yang sangat.
Jika tidak ada orang yang menyentuh dan menenangkan, kondisi “ketindihan” ini bisa saja menyebabkan kematian. Oleh karena itu disarankan kepada siapapun yang pernah mengalami segala keluhan di atas untuk melakukan cek medis, memastikan apakah benar terkena serangan jantung dan jenis penyakit jantung koroner angina atau bukan.

Beberapa Penyebab Penyakit Jantung Koroner

Penyakit jantung koroner tidak mungkin tumbuh jika tidak ada penyebabnya. Apa saja yang menjadi penyebab terjadinya penyakit jantung koroner? Nah, inilah penyebab yang harus Anda ketahui dari terjadinya penyakit jantung koroner yaitu sebagai berikut:
•    Kadar Kolesterol Total dan LDL tinggi
•    Kadar Kolesterol HDL rendah
•    Tekanan Darah Tinggi (Hipertensi)
•    Merokok
•    Diabetes Mellitus
•    Kegemukan
•    Riwayat keturunan penyakit jantung dalam keluarga
•    Kurang olahraga
•    Stress yang berlebihan
•    Konsumsi minuman beralkohol
Dari berbagai penyebab penyakit jantung koroner di atas, maka secara eksplisit dapat kita tangkap cara menghindari penyakit jantung adalah dengan menghindari munculnya berbagai keluhan di atas. Lalu bagaimana cara penerapannya? Berikut tips menajag kondisi jantung kita tetap sehat didukung dengan sirkulasi darah yang mengalir baik keseluruh tubuh.

Tips Terhindar dari Resiko Penyakit Jantung Koroner

Beberapa tindakan yang dapat anda lakukan untuk menghindari resiko terkena penyakit jantung koroner adalah sebagaimana pola hidup atau melaksanakan gaya hidup sehat secara umum.
1.    Kurangi Konsumsi Makanan Berlemak Jenuh
Salah satu akibat pasti dari mengkonsumsi makanan berlemak adalah tidak terarahnya kita dalam mengkonsumsi makanan tidak sehat seperti makanan berlemak dan jeroan dari berbagai hewan. Makanan berlemak tersebut sangat dekat dengan resiko obesitas atau kegemukan, dimana banyak lemak menumpuk dalam tubuh kita. Tanda-tanda lemak yang menumpuk paling banyak ditandai dengan membesarnya perut, pinggul dan berbagai organ tubuh kita.
Lemak yang berlebihan dalam tubuh, khsusunya dibagian pinggul bawah bisa menjadi penyebab jantung koroner karena memiliki potensi lemak masuk ke pembuluh darah. Hal ini bisa membuat lubang pembuluh darah menyempit bahkan tersumbat. Akibat pastinya adalah kerja jantung yang harus ekstra keras memompa sebagai stimulus agar darah dapat mengalir dengan lancer ke seluruh tubuh.

2.    Kurangi Konsumsi Rokok
Merokok adalah perilaku tidak sehat yang banyak dilakukan orang untuk menghindari jenuh dan stress. Oleh karena itu jika Anda kesulitan menghentikan aktifitas atau kebiasaan ini, disarankan sedikit demi sedikit mengurangi kuantitas konsumsi rokok. Racun yang diakibatkan rokok sangat berpengaruh pada kualitas darah, dan ini juga berpengaruh pada jantung sebagai organ penting penggerak darah.

3.    Hindari Stres Berlebihan
Bagian dari situasi atau kondisi yang umum terjadi pada banyak orang adalah mendapatkan masalah hidup. Untuk menghindari stress berlebihan, maka disarankan Anda memiliki pedoman spiritual yang baik dan terus ditingkatkan. Sebab stress sangat berpengaruh pada irama kerja jantung. Saat seseorang mempunyai masalah pelik dan mengalami stress berlebihan, maka sudah pasti denyut jantung akan bergerak tidak teratur, dan ini bisa berdampak pada tidak sehatnya jantung.

4.    Kurangi Makanan Penyebab Diabetes
Tidak semua makanan manis adalah buruk. Yang terpenting bagi Anda adalah mengukur sesuai dengan kebutuhan tubuh. Sebab jika seseorang sudah terkena diabetes, maka cepat kemungkinan akan terserang penyakit jantung. Jika jantung sudah terserang, maka potensi komplikasi berbagai penyakit akan mudah timbul. Dan kondisi ini akan sangat sulit untuk disembuhkan.

5.    Hindari Minuman Beralkohol
Sudah pasti minuman beralkohol adalah tidak baik untuk kesehatan, karena mempengaruhi sistem saraf, emosional, dan merusak berbagai organ dalam. Persoalan ini dapat berdampak pada irama kerja jantung yang tidak stabil dan menyebabkan sesorang terkena penyakit jantung koroner

6.    Olahraga Teratur
Hidup sehat sudah pasti jangan tinggalkan aktifitas berolah raga. Pilih olahara yang sesuai dengan fisik dan kesehatan Anda. Sehingga tubuh Anda akan semakin sehat dan terhindar dari penyakit jantung.


!!!
Itulah tips cara menghindari penyakit jantung koroner yang bisa dengan mudah Anda lakukan. Semoga artikel ini dapat bermanfaat. Amin.

!!
Jangan lupa untuk terus berkunjung dan mengikuti update terbarunya dari blog Tips Kesehatan dan Kecantikan ini. Oh iya, jika Anda memiliki tips-tips yang lebih ampuh dari tips di atas, boleh dituliskan dikomentar. Selain itu juga, mohon dishare ketemen-temen Anda jika memang artikel ini sangatlah bermanfaat. Terimakasih.

!
Jangan lewatkan artikel terkait dan sebelumnya, yaitu sebagai berikut:
•    Cara Pencegahan Penyakit Jantung
•    Cara Mendeteksi Penyakit Jantung
•    Gejala Penyakit Jantung dan Cara Mencegahannya
•    Cara Menyembuhkan Jantung Koroner
•    Obat Tradisional Penyakit Jantung Koroner

Sekian dan Terimakasih



Selain sebagai media informasi islami, kami juga berbagi seputar bisnis di indonesia, anda bisa membacanya pada artikel terkait dibawah ini :


Penelusuran terkait Kesehatan Jantung

Berlangganan artikel
Daftarkan e-mail Anda dibawah ini
Selanjutnya cek e-mail untuk verifikasi.
Kategori Terpopuler

0/Posting Komentar/Komentar