Terpopuler

[getBreaking results="5" label="recent"]

Makanan untuk pertumbuhan sel otak terbaru

Pada kesempatan ini, Blackexpo.or.id akan mengulas tentang , dengan judul artikel Makanan untuk pertumbuhan sel otak terbaru.

Artikel Terkait Makanan Sehat
Jangan lupa membaca artikel sebelumnya di > Portal Informasi Indonesia.

BacaLagi.ID - Makanan untuk pertumbuhan sel otak, sebagai orang tua sudah seharusnya kita memenuhi gizi dan nutrisi anak kita, sangatlah penting mengetahui jenis makanan apa saja yang dapat merangsang pertumbuhan sel otak anak.


Proses perkembangan dan pertumbuhan otak anak dimulai sejak masih dalam kandungan hingga anak berusia 3 tahun, atau biasa dikenal dengan usia emas. Pada masa ini sel-sel saraf otak berkembang sangat pesat. Jika pada masa ini kebutuhan gizinya kurang tercukupi maka kekurangan tidak dapat dipenuhi lagi dikemudian hari. Oleh karena itu penting untuk bisa memenuhi kebutuhan nutrisinya secara seimbang di usia ini.


Makanan yang baik bagi pertumbuhan sel otak adalah makanan yang mengandung
  • protein sebagai zat pembangun.
  • Karbohidrat dan lemak sebagai sumber kalori untuk beraktivitas.
  • Vitamin dan mineral sebagai zat pengatur.
Berikut ini saya akan menyampaikan makanan apa saja yang baik dikonsumsi untuk pertumbuhan sel otak agar dapat tumbuh dengan maksimal di usia emas anak.
  1. Bayam : mengandung magnesium dan kalium yang tinggi. Mineral yang menjaga konduktivitas listrik otak yang mempengaruhi fungsi otak yang lebih tinggi seperti memory dan belajar.
  2. Daging sapi : kaya akan zat besi dan mineral yang dibutuhkan anak  untuk tumbuh serta berenergi dan berkonsentrasi lebih baik. Juga nengandung mineral seng yang berfungdi untuk meningkatkan daya ingat.
  3. Brokoli : merupakan sumber vitamin K , yang dikenal baik dapat meningkatkan fungsi  kognitif serta kemampuan otak dalam berfikir.
  4. Berry : diantaranya strawbrry, cherry, bluebery dan blackberry. Mengandung anti oksidan berkadar tinggi khususnya vitamin C yang dapat melindungi otak dari radikal bebas yang dapat merusak otak.
  5. Ikan : merupakan suber terbaik asam lemak omega -3 (DHA dan EPA) yang penting untuk tumbuh kembang fungsi otak.
  6. Telur : dikenal sebagai sumber protein yang ekonomis, dan penting sebagai makanan otak untuk membantu perkembangan memory dan daya ingat. Telur kuning mengandung kolin salah satu nutrisi yang sangat penting untuk membangun otak, 
  7. Kacang-kacangan : kaya akan serat, vitamin B kompleks, zat besi dan magnesium yang penting untuk meningkatkan daya ingat anak  dan kesehatan  sistem saraf otak.
  8. Gandum : mengkonsumsi gandum beserta olahannya seperti sereal, roti ataupun pasta gandum memberikan vitamin B12 dan B6 yang mampu meningkatkan dan mempertahankan daya ingat otak.
  9. Susu : kaya akan vitamin B6 dan B12, kalsium, magnesium dan potasium yang kesemuanya diperlukan untuk meningkatkan memori dan fungsi kognitif. Penting dikonsumsi untuk pertumbuhan jaringan otak, neurotransmitter dan enzim.
  10. Alpukat : mengandung lemak tak jenuh tunggal yang sehat sehingga meningkatkan aliran darah ke otak. Dan aliran darah yang sehat sama artinya dengan otak yang sehat.
  11. Tomat : untuk meningkatkan daya ingat. Dikarenakan tomat kaya akan lycopene dan anti oksidan yang dapat membantu melindungi terhadap jenis kerusakan yang diakibatkan oleh radikal bebas.
Ternyata bahan makanan untuk pertumbuhan sel otak sudah sering kita jumpai, jadi pastikan putra-putri kita menerima asupan yang baik bagi pertumbuhan sel otak mereka. Selain asupan makanan yang bergizi penanganan dan pola asuh yang baik dan benar dapat menjadikan sel otak anak dapat berkembang dengan sempurana di usia emasnya. Baca juga manfaat coklat bagi pertumbuhan anak, semoga bermanfaat.





Selain sebagai media informasi islami, kami juga berbagi seputar bisnis di indonesia, anda bisa membacanya pada artikel terkait dibawah ini :


Penelusuran terkait Makanan Sehat

Berlangganan artikel
Daftarkan e-mail Anda dibawah ini
Selanjutnya cek e-mail untuk verifikasi.
Kategori Terpopuler

0/Posting Komentar/Komentar