Terpopuler

[getBreaking results="5" label="recent"]

Manfaat ubi jalar

Pada kesempatan ini, Blackexpo.or.id akan mengulas tentang , dengan judul artikel Manfaat ubi jalar.

Artikel Terkait Makanan Sehat
Jangan lupa membaca artikel sebelumnya di > Portal Informasi Indonesia.

BacaLagi.ID - Ubi jalar, tanaman yang tumbuh merambat di atas tanah bisa juga disebut dengan nama umbi rambat. Untuk kesempatan kali ini saya akan membahas manfaat dari ubi jalar bagi kesehatan manusia.



Ubi  jalar (Ipomoea batatas L) berasal dari Amerika Tengah tropis, tapi ada yang berpendapat dari Polinesia. Ada berbagai macam jenis ubi jalar baik dari segi warna atau dari segi tekstur daging ubi jalar. Ubi jalar yang mempunyai tekstur lunak, lembab dan lengket biasanya untuk di konsumsi, sedang ubi jalar yang mempunyai daging dengan tekstur kasar dan berserat biasanya digunakan sebagai pakan ternak dan bahan baku industri pati dan alkohol.

Ada bermacam-macam ubi jalar jika dikategorikan berdasarkan warna, ada yang berwarna putih, kuning, ungu, dan juga orange.

Kandungan dalam satu ubi jalar dalam berukuran sedang mengandung 
  • 162 kalori, 
  • 0 gram lemak, 
  • 37 karbo hidarat termasuk didalamnya 6 gram serat & 12 gram gula dan 
  • 3,6 protein
  • 100 vitamin A untuk kebutuhan harian
  • 37% vitamin C, 
  • 16% vitamin B6, 
  • 10% asam pantotenat
  • 15% kalium
  • 28% mangan
Selain itu juga mengandung sejumlah  kalsium, zat besi, titanium, magnesium, fosfor, seng, vitamin E, thiamin, asam folat juga mengandung beta karoten yang merupakan salah satu anti oksidan.

Ubi jalar mempunyai begitu banyak kandungan gizi, maka dari itu ubi jalar mempunyai banyak manfaat, diantara manfaat ubi jalar adalah,

Mencegah penuaan dini
Ubi jalar mengandung vitamin E mencapai 15% AKG, yang bermanfaat untuk menjaga kesehatan kulit, selain itu kandungan anti oksidannyayang tinggi mampu melawan radikal bebas serta membuat kulit menjadi lebih sehat.

Mencegah kanker
Karotened yang berupa betakaroten dan vitamin A yang berada dalam ubi cukup tinggi, sehingga dapat melindungi paru dari terjadinya kanker paru dan kanker mulut.

Menguatkan tulang
Dalam setiap porsi  ubi jalar mengandung hingga 44% AKG sehingga dapat mencegah kekeroposan tulang atau osteoporosis.

Mengontrol gula darah
Indeks glikemik yang rendah pada ubi jalar membuat kadar gula seseorang tidak akan naik dalam waktu cepat. Sehingga para penderita diabetes sangat baik untuk mengkonsumsi ubu jalar ini, begitu juga bagi mereka yang bermasalah dengan insulin.

Mengurangi tekanan dalam darah
Dalam satu ubi jalar mengandung 542 mg  kalium yang sangat penting untuk menjaga tekanan darah. 

Menjaga kesehatan gigi dan gusi
Dalam ubi jalar mengandung Vitamin C hingga 70% AKG  yang berguna untuk mencegah gigi longgar dan gusi berdarah.

Mengurangi stres
ubi jalar kaya akan kandungan asam pantotenat yaitu vitamin B yang memainkan peran penting dalam kemampuan tubuh untuk mengendalikan stres ketika depresi dan stres, asam pantotenat dalam tubuh digunakan, oleh karena itu kadar asam pantotenat dalam tubuh harus tetap tercukupi.

Sumber energi
ubi jalar kaya akan kandungan zat besi yang berguna untuk meningkatkan distribusi oksigen ke seluruh tubuh kamu dan juga kaya akan karbohidrat.

Tidak jarang banyak sekali resep-resep masakan yang menggunakan ubi jalar sebagai campuran atau bahan utama dalam pembuatan makanan tersebut, untuk melihat salah satu resep yang menggunakan ubi jalar dapat kamu lihat di sini, jadi jangan ragu untuk menggunakan ubi jalar dalam menu harian kamu, semoga bermanfaat.



Selain sebagai media informasi islami, kami juga berbagi seputar bisnis di indonesia, anda bisa membacanya pada artikel terkait dibawah ini :


Penelusuran terkait Makanan Sehat

Berlangganan artikel
Daftarkan e-mail Anda dibawah ini
Selanjutnya cek e-mail untuk verifikasi.
Kategori Terpopuler

0/Posting Komentar/Komentar