Terpopuler

[getBreaking results="5" label="recent"]

Manfaat kecambah

Pada kesempatan ini, Blackexpo.or.id akan mengulas tentang , dengan judul artikel Manfaat kecambah.

Artikel Terkait Makanan Sehat
Jangan lupa membaca artikel sebelumnya di > Portal Informasi Indonesia.

BacaLagi.ID - Manfaat kecambah, kecambah, siapa yang tidak kenal dengan sayuran yang satu ini. Kecambah adalah biji yang baru tumbuh yang mengeluarkan akar dan bakal daun. Jadi setiap biji yang akan tumbuh dinamakan kecambah.



Secara umum kita hanya mengenal kecamabah dari biji kacang hijau, hal ini disebabkan kecambah kacang hijau yang paling sering kita jumpai dipasaran. Sebenarnya banyak sekali jenis kecambah yang dapat kita jadikan masakan seperti kecambah ale, kecambah kedelai dan kecambah kacang hijau.

Kecambah merupakan bahan makanan berkualitas karena hanya biji yang sempurna yang dapat tumbuh menjadi kecambah, sedangkan biji yang jelek tidak akan dapat menjadi kecambah. Jika dibandingkan dengan bijinya kecambah lebih bergizi, hal ini disebabkan protein dalam kecambah lebih tinggi dari pada bijinya, karena proses menjadi kecambah terjadi proses pembentukan asam-asam amino esensial yang merupakan penyusun protein.

Proses berkecambah  merupakan proses katabolis yang menyediakan zat gizi penting untuk pertumbuhan tanaman. Kecambah taoge mengandung Vitamin B, C, B1, B6, K dan A. Selain itu kecambah juga menjadi sumber  makanan yang kaya akan zat besi, magnesium, fosfor, kasium, kalium, mangan dan asam lemak omega 3.

Diantara manfaat kecambah bagi kesehatan adalah
Mencegah serangan jantung
Kandungan saponin dalam kecambah dapat bermanfaat menurunkan kadar kolesterol LDL tanpa mengganggu kandungan HDL dalam darah.

Mencegah kanker
Kecambah banyak mengandung serat dan air sehingga kecambah bermanfaat membantu pengeluaran kotoran dalam usus besar, sehingga tidak memberi kesempatan pada karsinogen ( zat-zat penyebab kanker) menempati dinding usus yang menyebabkan kanker usus besar. Beberapa penelitian menunjukkan,manfaat lain dari kecambah dapat terhindar dari kanker prostat bagi pria yang banyak mengkonsumsi bahan makanan yang mengandung coumestrol yang terdapat pada kecambah.

Menguatkan tulang
Coumestrol adalah estrogen alami yang manfaatnya sama dengan estrogen sintetis, tetapi lebih baik karena tidak mempunyai efek samping. Estrogen dalam kecambah bermanfaat dapat meningkatkan kepadatan tulang, susunan tulang dan mencegah pengeroposan pada tualang atau osteoporosis.

Meningkatkan kekebalan tubuh
Kecambah kaya zat anti oksidan yang bermanfaat bagi tubuh untuk menangkal raadikal bebas dalam tubuh  demikian juga kandungan saponinnya dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Meningkatkan kesuburan
Kecambah banyak mengandung Vitamin E yang bemanfaat dapat membantu meningkatkan kesuburan dan melindungi sel telur. Selain itu bermanfaat mencegah kanker payudara, gejala PMS, pramenopause dan gangguan akibat menopause.

Kecantikan kulit
Kandungan Vitamin E pada kecambah juga membantu meremajakan dan menghaluskan kulit, menghilangkan vlek-vlek hitam pada wajah, menyembuhkan jerawat, menyuburkan rambut dan melangsingkan tubuh.

Melancarkan pencernaan
Manfaat lain dengan mengkonsumsi kecambah adalah bermanfaat untuk menjaga pencernaan karena sifatnya yang basa.

Itulah tadi beberapa manfaat yang terdapat pada kecambah atau tauge bagi kesehatan tubuh kita, jadi gak usa ragu lagi untuk menambah koleksi varian menu makanan yang berbahan dasar kecambah atau tauge. Untuk melihat manfaat dari ubi jalar bagi kesehatan dapat kamu lihat di sini.




Selain sebagai media informasi islami, kami juga berbagi seputar bisnis di indonesia, anda bisa membacanya pada artikel terkait dibawah ini :


Penelusuran terkait Makanan Sehat

Berlangganan artikel
Daftarkan e-mail Anda dibawah ini
Selanjutnya cek e-mail untuk verifikasi.
Kategori Terpopuler

0/Posting Komentar/Komentar