Terpopuler

[getBreaking results="5" label="recent"]

Stempel Pengganti Tanda Tangan Orang Jepang (Hanko)

Pada kesempatan ini, Blackexpo.or.id akan mengulas tentang , dengan judul artikel Stempel Pengganti Tanda Tangan Orang Jepang (Hanko).

Artikel Terkait Produk
Hanko Stempel pengganti Tanda Tangan Orang Jepang
Jika di Indonesia kita biasanya menggunakan tanda tangan untuk menandai dokumen, di Jepang, orang-orang tidak menggunakan tanda tangan melainkan menggunakan Han atau Hanko berbentuk stempel untuk menandai dokumen mereka.

Hanko (判子) merupakan stempel yang biasanya digunakan untuk menandai dokumen penting.
Orang Jepang membutuhkan hanko mereka untuk banyak hal seperti menyewa apartemen atau menandatangani kontrak untuk memulai pekerjaan baru. Karena kebutuhan mereka, ada banyak tempat di mana orang dapat membelinya. Mereka datang dalam berbagai bahan termasuk plastik, berbagai kayu, dan bahkan batu. Oleh karena itu, label harga pada hanko sangat bervariasi. Anda dapat menemukan hanko untuk nama-nama umum di toko-toko 100 yen, Beberapa toko juga menyediakan jasa pembuatan hanko sesuai dengan desain yang teman-teman inginkan di hanko-ya (toko hanko).
Toko stempel Hanko
Sumber : tokyocheapo.com

Penggunaan hanko oleh khalayak umum baru dimulai sekitar tahun 1870. Sebelumnya, sejarah mencatat bahwa hanko telah digunakan di Jepang sejak tahun 57 Masehi, yang saat itu terbuat dari emas dan merupakan simbol kekuasaan Kaisar. Karena itu, hanya Kaisar dan orang-orang kepercayaan Kaisar yang boleh memakai hanko. Namun sejak tahun 750 Masehi, para pejabat/petinggi Jepang mulai menggunakan hanko. Setelahnya, Samurai juga ikut menggunakan hanko secara eksklusif dengan tinta merah.

Jenis jenis Hanko
Sumber : tokyocheapo.com

Untuk penggunaannya, Hanko terdapat empat jenis hanko, yaitu:
- jitsu-in (実印), adalah yang akan Anda gunakan saat menandatangani kontrak. Jika Anda seorang freelancer dan Anda perlu menandatangani kontrak dengan perusahaan, Anda memerlukan jitsu-in. Hal yang sama berlaku untuk situasi lain seperti mendirikan perusahaan atau membeli rumah. Agar jitsu-in memiliki kedudukan hukum, Anda harus mendaftarkannya di kantor kota Anda. Setelah Anda mendaftarkannya, mereka juga akan mengeluarkan Anda dengan "kartu inkan" yang akan memungkinkan Anda untuk mencetak sertifikat pendaftaran segel. Saat menandatangani kontrak penting, Anda seringkali harus mengesankan segel Anda dan memberikan sertifikat untuk membuktikan bahwa itu adalah inkan Anda dan bahwa itu terdaftar.

- ginko-in (銀行印), hanyalah sebuah hanko untuk transaksi keuangan. Alih-alih mendaftarkannya ke kantor kota Anda, Anda hanya mendaftarkannya di bank Anda. Ini dapat digunakan untuk menarik uang dari akun Anda atau mendaftar untuk pinjaman, jadi Anda harus menjaganya. Sementara pelanggan Jepang biasanya diminta untuk mendaftarkan ginko ketika mereka membuka rekening bank, sebagian besar bank tidak memerlukannya dari pelanggan asing. Satu pengecualian besar adalah ketika Anda memulai sebuah perusahaan. Karena perusahaan bukan orang sungguhan dan tidak bisa masuk apa pun, Anda perlu mendaftarkan ginko ketika Anda membuka akun.

- mitome-in (認印), adalah hanko sehari-hari Anda yang biasa Anda gunakan untuk hal-hal sehari-hari — seperti menerima paket atau membubuhkan faktur jika Anda seorang freelancer. Mitome-in tidak terdaftar di mana pun dan tidak memiliki kedudukan hukum.

- gago-in (雅号印), digunakan oleh seniman khusus untuk menandai karya seninya.

Karena hanko Anda memiliki kekuatan tanda tangan, jika dicuri, Anda harus melaporkannya ke polisi dan membatalkan inkan di kantor kota Anda. Untuk membatalkan inkan, Anda memerlukan kartu tempat tinggal atau kartu "My Number" serta kartu inkan Anda. Tidak ada biaya untuk membatalkan inkan Anda.

Penelusuran terkait Produk

Berlangganan artikel
Daftarkan e-mail Anda dibawah ini
Selanjutnya cek e-mail untuk verifikasi.
Kategori Terpopuler