Terpopuler

[getBreaking results="5" label="recent"]

Resep dan Cara Membuat Manisan Kolang Kaling (Super Gampang)

Pada kesempatan ini, Blackexpo.or.id akan mengulas tentang , dengan judul artikel Resep dan Cara Membuat Manisan Kolang Kaling (Super Gampang).

Artikel Terkait Resep Buah
Resep Masakan dan Cara Memasak dari Bunda Aisyah - BacaLagi.ID - Walaupun bulan puasa bentar lagi udahan.. hikz masih semangat bikin makanan buat tajil, kali ini aku ambil bahan baku kolang kaling. Resep ini aku dapat saat berkunjung ke rumah kerabat yang menyajikan olahan manisan kolang kaling yang tidak biasa menurut aku. 

Selain sebagai tajil di bulan Ramadhan, manisan kolang kaling ini  banyak juga disajikan sebagai makanan penutup di saat hari raya. Normalnya, manisan kolang kaling dibuat dalam dua varian warna: merah dan hijau. 

Kalo yang umum itu rasa gula nya sangat kuat, karena memang direndam syirup dengan kuantitas yang banyak ( biasanya syirup rasa cocopandan atau syirup rasa melon ), dan untuk orang yang tenggorokannya sensitif gak lama dari itu mulai bereaksi, alias batuk.

Kolang kaling memang gak ada duanya, rasanya kenyal dan khas banget, kolang kaling sendiri terbuat dari biji aren yang dibakar kemudian di ambil intinya, di rebus, di rendam dengan bahan khusus fermentasi, hingga jadilah olahan kolang kaling.

Kali ini aku akan coba sebuah resep manisan kolang kaling dengan rasa yang lebih segar, dan cocok banget untuk menghilangkan dahaga setelah seharian berpuasa. Atau penyeimbang setelah banyak makan kue kering lebaran.

Sudah pernah lihat manisan kolang kaling berwarna kuning? Belum kan..hehe. Beda manisan yang aku buat dengan manisan kolang kaling pada umumnya adalah rasanya dan juga warnanya yang anti mainstream 😎

Baiklah, resep ini layak banget di coba, dan dijamin menyegarkan..

RESEP MANISAN KOLANG KALING

ala Dapur Mama Badar
Membuat Manisan Kolang Kaling

Waktu: 20 menit

Bahan Membuat Manisan Kolang Kaling :

🍨 500 gr kolang kaling
🍨 28 gr bubuk jeruk florida (aku pake Nutrisari florida orange 2 saset)
🍨 600 ml air untuk merebus
🍨 200 ml air untuk merendam
🍨 1 sdm gula pasir (atau sesuai selera)

Cara Membuat Manisan Kolang Kaling : 

🍨 Cuci bersih kolang kaling, kemudian rebus dengan air kurang lebih 15 menit, setelah itu buang air rebusan, dan ganti dengan air yang baru sebanyak 1 gelas (200 ml) .
🍨 Masukan bubuk jeruk dan gula pasir, aduk hingga merata lalu diamkan, setelah suhunya turun atau dingin, pindahkan pada wadah dengan tutup, dan disimpan di dalam kulkas minimal 1 jam.
🍨 Manisan kolang kaling pun siap disantap kapan saja.

Bagaimana? mudah bukan ? Untuk tampilan klasik, manisan ini bisa disimpan di dalam toples kaca, dan sajikan bersama kudapan hari raya.

Penelusuran terkait Resep Buah

Berlangganan artikel
Daftarkan e-mail Anda dibawah ini
Selanjutnya cek e-mail untuk verifikasi.
Kategori Terpopuler

0/Posting Komentar/Komentar